Kamis, 11 Oktober 2012

Antioksidan Sehatkan Jantung

Selama ini mungkin Anda sering mendengar kata 'antioksidan' sebagai penangkal radikal bebas dalam tubuh. Di balik popularitasnya sebagai penangkal radikal bebas bagi kecantikan kulit, antioksidan ternyata juga bermanfaat melindungi kesehatan jantung.

Seperti dikutip dari laman Female First, suplemen antioksidan bermanfaat untuk meningkatkan elastisitas pembuluh darah. Kondisi ini baik untuk memperlancar metabolisme glukosa dan lipid atau lemak darah sehingga tekanan darah akan stabil.

Kesimpulan itu diperoleh melalui penelitian yang dilakukan terhadap sejumlah pasien dengan risiko penyakit kardiovaskuler, seperti tekanan darah tinggi, diabetes, HDL rendah, kolesterol atau merokok. Peneliti tidak melibatkan pasien yang memiliki kondisi jantung buruk, pernah mengalami serangan jantung, atau pernah menjalani operasi besar dalam enam bulan terakhir tidak dilibatkan.

Selama enam bulan, para pasien yang telah dibagi secara acak dalam beberapa kelompok diberi asupan suplemen berbeda sesuai kelompoknya.

Kelompok pertama menerima asupan antioksidan per hari. Kelompok kedua vitamin C 1000 mg/hari, dan kelompok ketiga menerima asupan vitamin E 268mg/hari. Ada juga yang menerima suplemen koenzim Q10 120 mg/hari atau selenium 200 mg/hari. Sisanya mendapat plasebo atau suplemen kosong setiap hari.

"Kontrol glukosa dalam darah meningkat pada pasien yang menerima antioksidan, kolestrol baik juga meningkat," kata Dr Carrie Ruxton, penasihat independen untuk Kesehatan Layanan Informasi Suplemen. Antioksidan alami bisa diperoleh dari sejumlah buah seperti kiwi, biji anggur, dan acay berry.

(Pipiet Tri Noorastuti, Lutfi Dwi Puji Astut/Vivanews)

0 komentar:

Posting Komentar

Statistik Blog

free counters