Selasa, 13 November 2012

Ayo Sayangi Jantungmu

aya hidup menentukan kesehatan. Warga Indonesia yang menetap di kota-kota besar cenderung mengonsumi makanan berserat rendah, lemak tinggi. Itu sebabnya kadar kolesterol jahat meningkat. Jika sudah begitu penyakit jantung dan stroke gampang menyerang.

Dua jenis penyakit itu paling banyak menyudahi hidup manusia. Lihatlah data World Health Statistic 200 yang dilansir WHO. Penyakit jantung dan stroke merupakan penyebab utama kematian di dunia.

Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskedas) Indonesia 2007, yang diterbitkan tahun 2008,  yang menemukan kesimpulan yang sama. Penyakit jantung dan stroke merupakan penyebab utama kematian di Indonesia.

 “Gaya hidup tidak sehat seperti merokok, pola makan tidak sehat, tidak aktif bergerak dan mengkonsumsi alkohol berlebihan membuat setiap orang memiliki risiko yang sama terserang penyakit jantung dan stroke,”tegas dokter spesialis jantung dan pembuluh darah Prof. Dr.dr.Budhi Setianto,SpJP, ditemui pada acara  peluncuran Gerakan Sayangi Jantungmu, di Jakarta, Rabu 25 Mei 2011.

Selanjutnya, dr. Budhi menjelaskan, jantung  merupakan organ vital pada tubuh manusia, agar dapat bekerja dengan baik untuk waktu lama, maka harus dipastikan apakah jantung dapat bekerja optimal.

Guna menghindari jantung koroner, syarat utama adalah memiliki pembuluh darah yang sehat dan tidak terjadi penyempitan.
Faktor gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat menjadi penyebab utama keseimbangan kadar kolesterol total yang menyumbat pembuluh darah.

Kolesterol jahat dikenal dengan singkatan LDL (low density lipoprotein), trigliserida atau lemak darah yang diserap usus, dan penurunan kadar kolesterol baik disebut (HDL/high density lipoproterin) dalam darah, kata dr.Budhi.

Sementara itu, menurut Dr.Pauline Endang Praptini, Spesialis Gizi Klinik, dengan memahami kecukupan asupan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kadar kolesterol , dibantu gerakan atau olah raga yang sesuai dapat memperbesar peluang memiliki jantung yang lebih sehat.

Menggerakan kesadaran untuk hidup sehat membutuhkan dukungan dan partisipasi masyarakat luas.  Namun menerapkan gaya hidup sehat diharapkan menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia di kemudian hari.

Gerakan Sayangi Jantungmu merupakan sebuah gerakan yang diprakarsai oleh DBD Indonesia dan Maxus Indonesia untuk  meningkatkan kesadaran tentang pentingnya kesehatan jantung agar terhindar dari resiko penyakit jantung koroner.

Aksi ini mendapat dukungan penuh dari Quaker Indonesia, Prodia dan Fitness First yang bersandar pada dua elemen utama. Pertama, edukasi mengenai kesehatan jantung dan bagaimana mencegah serangan jantung koroner dan kedua, meningkatkan kesadaran mengenai pentingnya melakukan gaya hidup sehat bagi tercapainya masyarakat Indonesia yang lebih sehat dan produktif.

Jadi tunggu apalagi, berolahragalah secara teratur serta menjaga pola makan sehat agar bisa hidup lebih panjang.

0 komentar:

Posting Komentar

Statistik Blog

free counters