Selasa, 27 November 2012

Hobi Membuat Jantung Lebih 'Bahagia'

Untuk membuat jantung selalu dalam kondisi sehat, banyak hal yang bisa dilakukan. Bukan hanya dengan olahraga dan mengatur pola makan, tetapi juga menjaga kondisi psikologis selalu stabil.

Artinya, jangan biarkan stres menguasai Anda. Memiliki manajemen stres yang baik merupakan kunci utama membuat jantung selalu sehat. Faktanya, stres yang tak segera diatasi bisa memicu darah tinggi dan penyakit jantung.

"Stres, jika tidak dikelola dengan baik bisa mengakibatkan tekanan serta penyempitan pembuluh darah, peningkatan kadar kolesterol jahat, bahkan pembekuan darah yang pada akhirnya menyebabkan serangan jantung," kata Mickey Mehta, ahli kesehatan holistik asal India, seperti dikutip dari Idiva.com.

Salah satu cara untuk membuat Anda lepas dari stres adalah dengan memiliki hobi. Dengan memiliki kesukaan, Anda memiliki aktivitas seru yang bisa mengurangi perasaan stres dan depresi. Tak ada salahnya untuk mencoba tiga hobi berikut untuk membuat jantung Anda lebih 'bahagia'.

Jalan-jalan
Hobi yang satu ini membuat Anda selalu mendatangi tempat-tempat baru dan memiliki banyak teman. Jika memang tak punya banyak waktu, tak perlu melakukan perjalanan jauh.
Datangi saja rumah kerabat dekat atau saudara Anda. Dengan begitu Anda bisa melarikan diri sejenak dari kesibukan. Hal ini bisa jadi cara efektif melepas penat dan mengurangi stres. Jantung pun jadi lebih sehat.

Berkebun
Menanam, menyiram, memberi pupuk hingga membersihkan pot, membuat Anda merasa lebih santai. Dengan melihat hijaunya daun dan cantiknya bunga, Anda juga akan lebih merasa tenang. Saraf yang tegang pun jadi lebih rileks.

Memasak

Ini juga salah satu terapi untuk menghilangkan stres dan membuat jantung Anda lebih sehat. Mencoba resep baru, berbelanja dan memilih bahan masakan, selalu jadi pengalaman seru. Tak perlu memasak masakan yang rumit, cukup yang sederhana saja. Lalu, sajikan untuk orang tersayang. Senyum dan pujian dari mereka, akan jadi obat ampuh untuk menghilangkan stres dan membuat jantung menjadi lebih 'bahagia'.

(Mutia Nugraheni/Vivanews)

0 komentar:

Posting Komentar

Statistik Blog

free counters