Jumat, 21 September 2012

Cara Murah Cegah Penyakit Jantung

Melakukan hobi dan berkumpul bersama orang dicintai tentu sangat membahagiakan. Tahukah Anda, perasaan bahagia ternyata berdampak besar bagi kesehatan?

Sekelompok ilmuwan menemukan, tingkat kepuasan seseorang terhadap pekerjaan, keluarga, kehidupan seks serta diri sendiri terkait dengan risiko penyakit jantung koroner. Semakin tinggi tingkat kepuasan, semakin kecil risiko terkena penyakit tersebut.

Penelitian ini melibatkan 8000 staf pemerintah di Inggris. Para ilmuwan menanyakan tentang tujuh hal spesifik dalam hidup partisipan sehari– hari, yaitu: hubungan asmara, aktivitas santai, standar hidup, pekerjaan, keluarga, seks dan diri sendiri. Mereka semua diminta untuk menilai tingkat kepuasan mereka dari skala 1 (sangat tidak puas) sampai 7 (sangat puas).

Setelah enam tahun, para ilmuwan melihat perkembangan kondisi para partisipan yang dikaitkan dengan kematian karena penyakit koroner yaitu serangan jantung yang biasa dijuluki angin duduk. Partisipan dengan tingkat kepuasan di atas rata–rata memiliki risiko terkena penyakit jantung koroner lebih rendah 13 persen ketimbang mereka yang merasa kurang bahagia.

Seperti yang dikutip dari My Health News Daily, kepuasan terhadap pekerjaan, keluarga, seks dan diri sendiri adalah faktor terpenting mencegah penyakit jantung. Hasil itu didapat setelah para ilmuwan memeriksa faktor lain penyebab penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi dan indeks massa tubuh (BMI).

Depresi dan kecemasan adalah faktor penyebab penyakit jantung yang sudah lama diklarifikasi kebenarannya. Namun, masih ada keraguan dengan keadaan psikologi yang baik seperti tingkat kepuasaan terhadap hidup.
“Penemuan ini menyatakan bahwa meningkatkan kondisi psikologi seseorang (bukan hanya mengurangi hal – hal negatif) dapat berguna bagi individu yang beresiko tinggi terjangkit penyakit ini,” kata salah satu peneliti, Julia Boehm dari Fakultas Kesehatan Masyarakat di Harvard, Boston.

Jadi, bagaimana dengan Anda?

(Anda Nurlaila/Vivanews)

0 komentar:

Posting Komentar

Statistik Blog

free counters